10 TEMPAT WISATA BANYUWANGI YANG DI KUNJUNGI

Banyuwangi sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Daerah di ujung timur Pulau Jawa ini sebelumnya dikenal karena Pelabuhan Ketapang-nya yang merupakan titik penyeberangan dari Pulau Jawa ke Pulau Bali, destinasi wisata terpopuler di Indonesia.

Belakangan, keindahan alam tempat-tempat wisata di Banyuwangi pun terangkat juga, membuat daerah ini mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata ideal untuk liburan.

1.Kawah Ijen


Kawah Ijen bisa dibilang merupakan tempat wisata terpopuler di Banyuwangi bagi wisatawan Indonesia. Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen terkenal bukan saja karena kawah hijaunya yang menawarkan panorama indah, tapi juga pertambangan belerangnya yang ikonik.
Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik Blue Fire atau api biru. Api biru ini adalah hasil dari terbakarnya gas sulfur yang muncul dari retakan Gunung Api Ijen yang memiliki temperatur hingga 600 derajat celcius. Api biru di Ijen ini adalah yang terbesar di dunia, dan satu lokasi lainnya di dunia yang memiliki fenomena ini hanyalah di Gunung Dallol di Ethiopia.

2.Dialoog Banyuwangi


Dialoog Banyuwangi sejatinya bukan tempat wisata, melainkan sebuah hotel di pinggir pantai. Namun berkat keindahannya yang mengingatkan kita pada resort-resort pinggir pantai di Bali, Dialoog menjadi begitu populer dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin liburan ke Banyuwangi.
Dialoog memberikan alasan kenapa Banyuwangi layak banget untuk jadi lokasi liburan selanjutnya – selain tempat-tempat wisata alam yang luar biasa, Kabupaten di ujung timur Jawa ini juga punya hotel dengan gaya minimalis modern berkelas internasional.
Ia menjadi standar tersendiri bagi hotel-hotel lainnya di Banyuwangi, yang tentunya juga akan meningkatkan diri seiring semakin tingginya minat wisatawan lokal maupun internasional untuk traveling ke Banyuwangi.

3.Air terjun

yang colorful – Air terjun Coklak, Glenmore
Tebing yang indah dan warna air yang beragam, itulah keistimewaan air terjun Congklak di Glenmore, Banyuwangi.Namun, bukanlah hal yang mudah untuk bisa menyaksikan surga di pelosok Banyuwangi ini. Kalian harus melakukan trekking selama beberapa waktu. Hal ini dijamin sebanding dengan apa yang akan kalian saksikan yaitu curahan air dalam debit besar yang menghasilkan pelangi yang indah. Tempat wisata di Banyuwangi ini istimewa banget deh!
4.Alam bawah

air yang tiada duanya – Bangsring Underwater
Bagi para penggila snorkeling, tidak ada salahnya untuk menengok alam bawah air Banyuwangi. Jika tertarik, kalian tinggal mampir saja ke Bangsring Underwater dan menikmati keelokannya.
Hebatnya lagi, destinasi wisata air ini dikelola secara swadaya oleh nelayan setempat dan mendapatkan penghargaan Kalpataru dari pemerintah pusat. Ingin melihat keindahannya? Tengok saja langsung ke tempat wisata di Banyuwangi ini ya!.Lokasi: Bangsring, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
5.Keindahan yang tersembunyi – Air Terjun Pertemon
Jika kalian bisa meluangkan waktu khusus untuk melakukan trekking, silahkan mengunjungi air terjun Pertemon yang keindahannya mirip dengan cucuran air terjun Madakaripura di kaki Gunung Bromo.
Selama perjalanan trekking dari titik awal hingga sampai ke air terjunnya, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri, nuansa pegunungan yang segar dan atmosfer yang asik. Kemegahan air terjun Pertemon menjadi bonus tambahan bagi kalian pencari nuansa alami yang menyegarkan.
7.Destinasi ngehits yang istimewa – Pantai Pulau Merah


Spot ini menjadi salah satu bukti bahwa pantai di Banyuwangi tidak kalah indah dari yang ada di Bali.
Momen terbaik untuk menikmati keindahan alam dan mendapatkan atmosfer syahdu di pantai ini adalah ketika matahari turun ke peraduannya. Dijamin, kalian akan menemukan pemandangan yang indah tiada duanya!
Lokasi: Sumberagung, Pesanggaran, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
8.Taman Blambangan & Taman Sritanjung

Taman Blambangan juga bukan sebenar-benarnya tempat wisata – taman ini adalah alun-alun di kota Banyuwangi. Enggak heran Taman Blambangan sering jadi tempat diadakannya acara besar, sampai digelarnya pusat kuliner Banyuwangi yang dinamai Kuliner Pintar.
Meski selama pandemi Covid-19 tidak ada acara yang digelar di Taman Blambangan, dan Kuliner Pintar pun ditutup, namun bisa dipastikan kalau taman ini akan kembali ramai dan jadi pusat kegiatan masyarakat Banyuwangi setelah pandemi usai nanti.
Sementara Taman Sritanjung adalah taman lainnya di pusat kota Banyuwangi yang letaknya tak jauh dari Taman Blambangan. Bedanya, jika Taman Blambangan lebih sering menjadi tempat event, Taman Sritanjung adalah lokasi terbaik untuk bersantai di Banyuwangi karena taman ini punya trek untuk berjalan kaki hingga air mancur yang indah.
Jadi jika kamu akan berkunjung ke Banyuwangi setelah pandemi virus corona usai, jangan lupa untuk mampir ke Taman Sritanjung dan Taman Blambangan untuk sekadar bersantai atau mencicipi makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto, sego tempong, atau sego cawuk.Alamat: Jl. Diponegoro No.2, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
9.Teluk Hijau


Terletak di dalam area Taman Nasional Meru Betiri, seperti namanya, Teluk Hijau atau Green Bay adalah sebuah teluk yang memiliki air berwarna hijau turquoise yang indah, dengan pasir putih yang lembut. Teluk ini diapit oleh area hijau yang menambah keindahan panorama di sini, membuatnya benar-benar mengagumkan!.
Karena letaknya di dalam taman nasional, kamu bisa saja bertemu dengan monyet-monyet di sekitar pantai, jadi pastikan semua barang bawaanmu aman dan jangan beri mereka makan, ya.
reen Bay atau Teluk Hijau Banyuwangi .Alamat: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi Regency, East Java.
10.Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional (TN) Alas Purwo diyakini sebagai hutan pertama, atau hutan tertua. Tak ayal daya tariknya dianggap memiliki hawa magis tersendiri. Namun, hawa magis tersebut mungkin muncul dari lebatnya pepohonan yang menghadang polusi suara hingga membuat suasana sangat sepi.