PESONA DESTINASI WISATA BANYUWANGI

Alam Indonesia yang kaya dan mempesona hampir tersirat di seluruh penjuru Nusantara. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur pulau-pulau Nusantara dihiasi oleh keindahan alam yang tidak semua negara memiliki. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa Negara Indonesia sangat digemari oleh kalangan pelancong dunia.

Di Indonesia, Pulau Bali sangat terkenal dengan keeksotisan alamnya sehingga menjadikannya pulau nomer satu yang banyak diminati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Padahal sebenarnya, Banyuwangi yang merupakan sebuah kota yang dekat dengan Pulau Bali, juga tidak kalah memiliki kerupawanan alam yang mengagumkan.

Banyak sekali destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib menjadi referensi bagi para wisatawan. Ada pesona Kawah Ijen di Gunung Ijen, Taman Nasional Alas Purwo yang legendaris dengan kemistisannya, bahkan Kaldera di Gunung Raung yang memukau dan tak luput dari keeksotisan alamnya.

Pesona Kawah Ijen di kabupaten Banyuwangi memang selalu berhasil membuat tertarik setiap wisatawan. Kawah yang merupakan danau bentukan dari letusan Gunung Ijen ini, memiliki eksotisme perpaduan warna antara hijau dengan biru diselimuti kabut putih yang indah. Banyak kemewahan alam yang memanjakan mata saat berada di Kawah Ijen. Salah satu yang paling terkenal adalah fenomena “blue fire” atau api biru.

“Blue fire” adalah fenomena munculnya gas yang keluar dari gunung belerang dan bercampur oksigen sehingga memunculkan jilatan api biru. Beberapa tips yang harus diketahui para wisatawan agar dapat berburu “blue fire” ini adalah yang pertama harus mendaki dini hari yaitu pukul 01.00 WIB, selain itu juga berburu “blue fire” ini akan maksimal jika dilakukan saat musim kemarau karena intensitas gejolak api akan lebih besar dibandingkan saat musim penghujan. Tentunya yang tidak kalah penting adalah para wisatawan harus sangat mempersiapkan kondisi fisik dan peralatan yang cukup agar berburu “blue fire” dapat maksimal.

Banyuwangi merupakan kota yang kental dan sarat pula akan kemistisannya. Hal ini terbukti dari destinasi wisata legendaris yaitu Taman Nasional Alas Purwo yang mencekam namun banyak digandrungi para wisatawan. Taman Nasional yang berada di Tegaldlimo kecamatan Purwoharjo dengan luas sekitar 434 km ini banyak menyuguhkan eksotisme alam mulai dari kompleksnya flora dan fauna yang dimiliki serta pantai-pantai yang masih alami seperti Pantai Plengkung, Pantai Parang Ireng, Pantai Pancur, dan masih banyak lagi. Termasuk di dalam kawasannya pula terdapat Taman Nasional Baluran yang menyajikan keindahan alam tiada tara.

Mitos keangkeran Alas Purwo terbukti dengan banyaknya goa-goa mistis untuk bertapa dan bersemedi oleh beberapa kalangan orang. Selain goa, juga terdapat makam-makam, petilasan Kerajaan Majapahit. Meskipun sarat dengan keangkeran dan kemistisannya namun destinasi wisata Alas Purwo tetap banyak digemari oleh para wisatawan. Apakah Anda tertarik mengunjunginya?

Selanjutnya, destinasi wisata di Banyuwangi yang tidak kalah memukau adalah Kaldera di Gunung Raung. Para wisatawan akan disuguhkan eksotisnya Kaldera di ketinggian 3332m dpl dengan kedalaman Kaldera sekitar 500 meter. Yang membuat candu mata adalah pesona puncak Gunung Raung dengan Kaldera yang dikelilingi puncak-puncak kecil yang menakjubkan.

Pendakian di Gunung Raung akan terasa sangat menggelora dan menggelitik jiwa selfie para wisatawan yang instagramable. Pasalnya, pendakian tersebut akan melewati hutan-hutan cemara dan pakis-pakisan yang memanjakan dan menyejukkan mata. Dijamin bagi para wisatawan yang mengunjungi Gunung Raung dengan Kalderanya akan memperoleh petualangan pendakian yang tidak mudah dilupakan.

Itulah beberapa kilasan singkat referensi destinasi wisata di Banyuwangi yang populer dan wajib dicoba. Apakah Anda tertarik mengunjungi Banyuwangi?